STAY TOGETHER

Senin, 21 Desember 2009

ETIKA MAKAN YANG SOPAN


Perilaku bangsa Indonesia saat ini mulai menurun. Hal itu disebabkan oleh kurang disiplinnya tata peraturan yang berlaku dimasyarakat tersebut. Segala sesuatu pasti ada adatnya atau tata caranya yang baik, seperti adat dalam bertemu orang lain yaitu kita harus saling menyapa. Kali ini saya akan membahas tentang adat istiadat dalam makan. Berikut ini adalah tata cara atau adat istiadat dalam makan.

Pertama, saat makan sebaiknya tidak dilakukan saat posisi berdiri karena selain itu tidak sopan untuk dilakukan juga berakibat membuat makanan berserakan. Sebaiknya juga saat makan kita tidak membungkuk mendekati piring karena hal itu membuat tingkah laku kita terlihat seperti binatang, maksudnya sendoklah yang harus menghampiri kita.

Kedua, sebaiknya saat makan tidak melakukan tindakan yang bisa membuat kita terlihat tidak sopan, seperti berbicara, tertawa, dan bersiul saat makan. Apalagi saat mulut penuh dengan makanan, perbuatan tersebut bisa membuat makanan di mulut terlihat oleh orang lain.

Ketiga, sebaiknya saat mengunyah makanan tidak boleh mengeluarkan suara kunyahan (kecap). Karena bisa membuat orang lain yang mendengarnya menjadi tidak nyaman. Lalu saat mengunyah makanan tidak boleh tergesa-gesa, karena hal itu bisa membuat orang berprasangka buruk dan bisa membuat anda tersedak saat makan.

Keempat, sebaiknya saat makan tidak ada suara antara piring, sendok dan alat makan lainnya. Karena dapat membuat orang lain tidak nyaman. Selain itu jangan meminum kuah dengan piring sambil mengeluarkan suara.

Kelima, saat akan menggunakan tusuk gigi sebaiknya ditutupi dengan tangan dan tidak dihadapkan kepada orang lain karena dapat mengurangi nafsu makan orang lain. Jika mendadak batuk atau bersin sebaiknya cepat ditutup dengan saputangan atau tisu agar tidak menyebar.

Keenam, tidak meninggalkan meja makan sebelum semua selesai makan atau diijinkan pergi. Setelah makan sebaiknya jangan lupa sendok dan garpu dalam keadaan tertutup atau telungkup.

Ketujuh, usaplah sisa makanan yang ada di mulut.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda